Destinasi Wisata Semarang

Halo Travelers! Sudah mulai suntuk belum nih? Kalau sudah mulai agak suntuk karena pekerjaan yang menumpuk itu tandanya kita perlu segera pergi mencari tempat-tempat yang memanjakan mata. Kali ini Khatulistiwa Tour ingin mengenalkan berbagai destinasi wisata yang ada di kota lumpia. Yap, kita Semarang dengan segala rutinitas dan hiruk pikuknya menyimpan berbagai tempat yang siap merefresh otak dan menyehatkan jiwa kita.

Semarang memiliki destinasi sejarah, alam dan edukasi. Semuanya tersebar di daerah Semarang dan sekitarnya. Okay, kita bahas satu per satu ya…

A. DESTINASI SEJARAH

Sebagai sebuah wilayah yang memiliki peranan penting di masa lalu, Semarang memiliki banyak sekali destinasi wisata sejarah. Tempat wisata Semarang yang menyimpan berbagai macam sejarah tersebut tersebar di beberapa wilayah.

a. Lawang Sewu

Melihat arsitektur Indonesia di masa lalu dapat Anda lakukan dengan melakukan kunjungan ke Lawang Sewu. Bangunan ini dibangun oleh kolonial Belanda pada tahun 1904 sebagai kantor pusat administrasi Naamlooze Vennootschap Nederlandsch Indische Spooweg Mastshappij (NIS), yang merupakan cikal bakal kereta api di Indonesia. Lawang Sewu dirancang oleh seorang arsiter Jacob F Klinkhamer dan BJ Quendag pada tahun 1903. Bangunan lawang sewu sangat artistik, untuk membangun bangunan ini pemerintah Hindia Belanda mendatangkan bahan bangunan langsung dari Eropa kecualai kayu jati, batu bata dan batu alam.

Pada tahun 1942 Jepang mengambil alih kekuasaan dan menjadikan gedung pusat adminisrasi NIS ini sebagai kantor Rikyuku Sokyuku (jawatan transportasi Jepang). Selain itu, Jepang juga menggunakan bangunan bawah tanah sebagai penjara bagi rakyat Indonesia yang dianggap melawan mereka. Bangunan tersebut kemudian digunakan sebagai Kantor Eksploitasi Tenaga DKARI (Djawatan Kereta Api Republik Indonesia) pada tahun 1945.

Saat ini Lawang Sewu menjadi salah satu Wisata Semarang, bangunannya telah dialihfungsikan menjadi museum Kerata Api yang menampilkan sejarah perkereta apian Indonesia dari masa ke masa.

b. Kota Lama

Tempat Wisata Semarang ini cocok sekali bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berada di Belanda. Lintle Netherland sungguh sangat pas disematkan untuk Kota Lama. Gaya Eropa tahun 1700-an mendominasi desain sebagian besar bangunan di sana. Menurut Visit Jawa Tengah, pada masa penjajahan Belanda, kota lama menjadi pusat pemerintahan. Berwisata di Kota Lama Anda dapat melakukan sepeda santai yang merupakan salah satu fasilitas kunjungan.

c. Sam Poo Kong

Bangunan dengan dominasi warna merah ini menjadi saksi sejarah bangsa Cina dalam melakukan penjelajahannya. Untuk mengenang Laksamana Ceng Ho begitulah alasan membangun Sam Poo Kong. Beliau merupakan pelaut muslim dari Cina yang pada masa itu juga dikenal sebagai penjelajah dunia.

Pada hari raya imlek di tempat ini menjadi salah satu tempat yang ramai dan recomended untuk dikunjungi. Pertujukan kesenian Cina seperti barongsai. Pada hari biasa Sam Po Kong memiliki spot foto yang instagramabel.

d. Gereja Blenduk

Blenduk memiliki arti kubah. Bangunan gereja ini terletak di kawasan Kota Tua Semarang. Portugis membangun gereja ini pada tahun 1753. Pada mulanya bangunan merupakan bangunan panggung dengan atap khas bangunan Jawa, kemudian Belanda merenovasinya. Mereka mengubah bagian atap menjadi seperti yang dapat kita lihat sampai sekarang.

B. DESTINASI ALAM
a. Umbul Sidomukti

Sebuah tempat wisata yang terletak di lereng gunung Ungaran pada ketinggian 1200 mdpl. Menawarkan pemandangan alam yang akan memanjakan mata. Suasana sejuk juga akan membuat kita betah berlama-lama sambil menikmati kopi di sana. Bagi yang menyukai tantangan Umbul Sidomukti menawarkan beragam permainan salah satunya adalah flying fox. Best moment saat berada Umbul Sidomukti adalah saat sunrise. Jangan khawatir, tempat ini sudah menyediakan tempat untuk bermalam.

b. Taman Bunga Celosia

Seperti namanya, tempat ini merupakan taman bungan dengan berbagai macam wahana lainnya. Mengunjungi tempat ini tidak hanya mengajak kita menikmati keindahan taman bunga saja, banyak spot foto menarik dan juga wahana permainan. Taman Bunga Celosia sangat dikunjungi oleh semua usia, mulai dari anak-anak dan juga orang tua.

c. Candi Gedong Songo

Sebuah kompleks candi peninggalan kerajaan Hindu di lereng gunung ini secorak dengan candi yang ada di Dieng. Lokasi yang berada di pegunungan bukan hanya menawarkan wisata masa lalu tetapi sekaligus sepaket dengan keindahan alamnya. Jarak antara kompleks satu candi dengan candi yang lain lumayan jauh, tapi jangan khawati karena di Candi Gedong Songo telah menyediakan jasa sewa kuda. Jadi, kita dapat mengelilingi kompleks candi dengan menggunakan kuda.

d. Eling Bening

Terletak di pinggir jalan Raya Bawen, tempat ini juga tidak kalah menariknya untuk dikunjungi. Bentangan keindahan Rawa Pening dapat kita nikmati dari sini. Bukan hanya menawarkan keindanhan alam sekitar, E,ing Bening menyediakan spot foto kekinian dan juga kolam renang.

e. Rawa Pening

Rawa Pening merupakan danau alami yang membentang seluas 2.670 hektar. Terletak di cekungan gunung Merbabu, Ungaran, dan Telomoyo. Berada di sini tidak lengkap rasanya jika tidak berkeliling rawa, untuk melakukannya kita dapat menyewa perahu.

C. DESTINASI EDUKASI
a. Museum Kereta Api Ambarawa

Terletak di Ambarawa, museum ini pada mulanya merupakan stasiun kereta api. Anda dapat mengajak ananda tercinta melihat koleksi kereta api. Selain itu, Anda dan keluarga juga dapat menjajal kereta api uap dari Ambarawa-Tuntang (PP)

b. Cimory on The Valey

Cimory on The Valey menjadi salah satu refrensi liburan keluarga untuk Anda. Hal yang dapat Anda lakukan bersama keluarga antara lain berenang, memberi makan burung, kelinci, domba, dan sapi. Selain itu juga dapat menunggang kuda dan ada sepeda udara.

c. Puri Maerokoco

 

Ingin berkeliling Jawa Tengah? Anda dapat mengunjungi puri maerokoco. Tempat ini dapat juga disebut sebagaitaman mini Jawa Tengah. Terdapat 35 anjungan dari Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Tengah. Bukan hanya itu, Anda juga dapat bermain outbond, berenang, naik kereta gantung, dan masih banyak lagi.

d. Dusun Semilir

Penawaran paker wahana wisata lengkap dari Dusun Semilir patut untuk dicoba. Hanya dengan memasuki satu tempat wisata ini Anda dapat memanjakan putra dan putri Anda. Bermain dengan binatang yang dibiarkan bebas berkeliaran, aneka ragam wisata air, wisata salju, menaiki gondola dengan vibes eropa akan membuat Anda betah berlama-lama disini.

 

Wah, banyak banget ya ternyata tempat wisata yang dapat dikunjungi selama di Semarang. Bingung kan harus memilih yang mana. Jangan khawatir, kami tim Khatulistiwa Tour Semarang akan membantu Anda dalam melakukan perjalanan wisata selama di Semarang. Kenyamanan Anda adalah prioritas kami.

Cukup dengan hubungi kami, maka perjalanan indah Anda selama di Semarang akan kami wujudkan. Semarang, sangat cocok untuk dikunjungi semua kalangan mulai dari anak sekolah, Mahasiswa, komunitas Guru/Dosen, pensiunan, karyawan, dan lain sebagainya.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
1
Selamat datang di Khatulistiwa Tour
Hai... Ada yang bisa kami bantu?